Watch Video

About

Loading...

Blogger news

Blogroll

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent News

Blogroll

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Followers

Recent Articles

Featured Posts

Makalah Aliran Karamiyah

Rabu, 12 Desember 2012


MAKALAH
ALIRAN KARAMIYAH
DIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUK MEMENUHI
TUGAS MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
KELAS XI SEMESTER I












 







DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 2
KETUA :
HAZMI FAUZI
ANGGOTA :
SAEPURROHMAN YUSUF
IRNA SITI NURJANAH
VERA MUDIANA
RIKA NATASSYA

MAN SUKAMANAH 2012 – 2013


DAFTAR ISI



DAFTAR ISI…………………………………………………………...……..……1
KATA PENGANTAR…………………………………………………..…………2
BAB I. PENDAHULUAN
a)     Latar Belakang Penelitian……………………………………….…………..3
b)    Tujuan Penelitian………………………………………………..…………..3
c)     Rumusan Masalah…………………………………..……………………….3
BAB II. PEMBAHASAN
a)     Sejarah Perkembangan Ajaran / Aliran Karamiyah…………………………4
·        Pengertian Karamiyah…………………………………………………….…4
·        Perkembangan Aliran Karamiyah……………………………………...….4-5
b)    Tokoh Dan Pendiri Paham Karamiyah……………………….……………..5
c)     Pokok – Pokok Ajaran Karamiyah……………………………………..……5
d)    Tanggapan Terhadap Aliran Karamiyah………………………...…………..6
BAB III. PENUTUP
a)     Kesimpulan ……………….…………………………………………………7
b)    Saran – Saran………………….……………………………………………..7
DAFTAR PUSTAKA……………………….……………………………………..8





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kita panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan karunianya kita masih diberi umur panjang dan masih dapat berkumpul satu sama lain. Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan pada junjungan alam habibana wanabiyana Muhammad SAW beserta para keluarganya, para sahabatnya hingga pada kita semua selaku umatnya yang setia hingga akhir zaman.
Alhamdulillah, atas kerja keras rekan – rekan kelompok , akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun berdasarkan tugas yang kami peroleh yakni mengenai aliran karamiyah. Dalam perkembanganya, umat muslim telah mulai berpikir kritis dalam urusan aqidah. Sehingga munculah berbagai aliran dalam agama islam.
Maka makalah ini akan mengulas salah satu dari aliran tersebut yakni aliran karamiyah. Kami merasa makalah ini masih banyak sekali kekurangan, oleh karena itu kami meminta saran dan kritik terhadap makalah kami untuk pertimbangan ke depan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang hendak membacanya dan mengambil ilmu darinya. Amiin.

                                                                                                         Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian
Kami selaku murid MAN Sukamanah tentunya mempelajari ilmu – ilmu agama yang lebih dominan dibandingkan dengan sekolah SMA lain, dan pastinya mengenal pelajaran Aqidah Akhlak. Pelajaran aqidah akhlak merupakan pelajaran yang didalamnya membahas mengenai ketauhidan, sifat – sifat Allah, Rukun iman dan masih banyak yang lainya. Dan kali ini kami sedang mempelajari mengenai ilmu kalam. Salah Satu dari pelajaran ilmu kalam ialah mengenai ilmu teologi. Dan pada kali ini kami akan membahas mengenai aliran yang berkembang dalam agama islam, yaitu salah satunya adalah aliran karamiyah.
B.Tujuan Penelitian
1)      Untuk mengetahui sejarah aliran karamiyah.
2)      Untuk mengetahui perkembangan aliran karamiyah.
3)      Untuk mengetahui tokoh dan pendiri aliran karamiyah.
4)      Untuk mengetahui pokok – pokok ajaran aliran karamiyah.
5)      Untuk mengetahui tanggapan terhadap aliran karamiyah.
C.Rumusan  Masalah
1)      Bagaimana sejarah berdirinya dan perkembangan aliran karamiyah.
2)      Siapa tokoh dan pendiri dari aliran karamiyah.
3)      Apa pokok ajaran dari aliran karamiyah.
4)      Bagaimana tanggapan terhadap aliran karamiyah.



BAB II
                                                  PEMBAHASAN       
A.Sejarah dan perkembangan aliran karamiyah
·        Pengertian Karamiyah
Aliran karamiyah berasal dari akar kata “karam” yang berarti kemuliaan / mulia.
·        Sejarah dan perkembangan aliran karamiyah
Tidak banyak yang menjelaskan mengenai sejarah dan perkembangan aliran ini, hanya saja ada yang berpendapat bahwasanya pencetus dari aliran ini ialah seorang yang bernama Muhammad bin karam. Muhammad bin karam ini pernah hidup pada zaman perawi hadist yakni Imam Bukhari. Muhammad bin karam dikenal oleh masyarakat sekitarnya sebagai orang yang baik, hanya saja ada beberapa kekurangan dari beliau yakni beliau selalu terlibat atau berpegang teguh pada hadist palsu. Diceritakan pada suatu hari beliau menerima hadist yang diriwatkan oleh imam bukhari yang berbunyi “ al imaanu laa yaziid wa laa yanqus” yang artinya iman itu tidak bertambah dan tidak pula berkurang.
Hadist itu ternyata dhaif, dan imam bukhari sangat berkontradiktif sekali dengan hadist ini.Ia berkata barangsiapa yang menyebutkan hadist ini maka pukulah ia dengan pukulan yang amat keras dan penjarakanlah ia dengan kurungan yang lama. Sebab beliau menerangkan bahwasanya hadist ini tidak pernah datang dari rasul dan juga tidak termuat sedikitpun dalam Al-quran. Dan dari hadist itulah Muhammad bin Karam menyatakan bahwasanya iman itu hanya cukup diucapkan oleh lisan saja dan ia menyebutnya hal demikian itu sudah membuat ia sempurna imanya tanpa harus dibarengi dengan perbuatan dan keyakinan dalam hati. Maka jika demikan maka orang munafiq pun dikatakan beriman dengan sempurna walau dalam perbuatanya ia selalu menyimpang dari jalan yang telah digariskan.
Hal demikian sangatlah menyimpang sekali , karena bahwasanya iman itu hanya Allah lah yang dapat mengetahui. Sebaliknya, Ahlu sunnah wal jamaah sangat serius sekali dalam membahas mengenai iman. Hingga ada suatu kitab yang ditulis khusus membahas mengenai masalah keimanan. Mereka, ahlu sunnah wal jamaah berpendapat bahwasanya iman itu tidak hanya sekedar diucapkan oleh lisan saja, melainkan harus dibarengi dengan I’tikad dan perbuatan dalam realisasinya. Sebab pengakuan keimanan itu tidak cukup hanya dengan mengucapkanya secara lisan saja. Secara rasional pun jelas bahwa imah itu harus diwujudkan dalam bentuk nyata yakni perbuatan. Oleh karena itu kebanyakan orang berpendapat bahwasanya aliran karamiyah ini termasuk aliran yang menyimpang jauh dari ajaran islam sebenarnya.
B.Tokoh dan pendiri aliran karamiyah
Tokoh tokoh dalam aliran karamiyah ini tidak begitu banyak dijelaskan oleh kebanyakan orang, haya saja pendirinya ialah Muhammad bin karam sekaligus sebagai orang yang banayak terlibat dalam berlangsungnya aliran karamiyah ini dalam ajaran islam.
C.Pokok – Pokok ajaran aliran karamiyah
Ajaran yang dijelaskan dalam aliran ini ialah bahwasanya yang diwajibkan pada setiap muslim ialah hanya pengakuan keimanan secara lisan saja, tidak harus dibarengi dengan keyakinan dan perbuatan. Dan aliran ini menganggap bahwasanya seorang muslim sudah sempurna imanya hanya dengan ia mengatakan dua kalimah syahadat saja. Aliran Karamiyah juga meyakini bahwa kalam Ilahi terdiri dari suara dan huruf-huruf, dan kalam Ilahi itu bersifat hadis dan menyatu dengan zat Allah Swt, dan mereka mengatakan bahwa tidak ada masalah menggandengkan sifat hadis pada zat yang qadim.
Allamah Hilli mengomentari pendapat Karamiyah sebagai berikut, "Wajib al-Wujud (Allah Swt) tidak menerima sifat yang hadis (yang baru) dengan tiga dalil: pertama, ke-hadis-an dan ke-baru-an pada zat Allah menyebabkan perubahan yang bersifat reaktif dalam diri-Nya dimana hal ini sangat berkontradiksi dengan zat Wajib al-Wujud, karena setiap perubahan itu merupakan sifat bagi benda-materi dan Allah bukanlah materi dan benda. Kedua, jika Allah Swt dipandang sebagai sebab dari sifat yang hadis ini, maka sifat yang hadis itu pun harus azali, karena sebabnya adalah azali, sementara anda mengatakan bahwa hadis tersebut adalah sesuatu yang baru terwujud (yakni pernah tiada dan sekarang menjadi ada), dan jika zat sebab itu bukan zat Wajib al-Wujud maka kemestiannya adalah bahwa dia memiliki sifat hadis dan membutuhkan kepada sesuatu yang lain, dan hal ini juga tidak layak bagi Wajib al-Wujud. Ketiga, hadis itu jika termasuk sifat kamaliyah (sifat kesempurnaan) maka mustahil sifat tersebut tidak termasuk dalam jajaran sifat-sifat Tuhan, karena Tuhan niscaya memiliki seluruh sifat kesempurnaan dan apabila hadis itu merupakan sifat cacat dan kekurangan maka mustahil Tuhan memiliki sifat tersebut.
D.Tanggapan Terhadap Aliran Karamiyah
Menurut kami aliran karamiyah ini merupakan aliran yang sangat jauh sekali dari ajaran agama islam sebenarnya. Sebab dalam ajaranya sudah sangat berkontradiktif sekali dengan ajaran islam. Aliran ini menjelaskan bahwasanya keimanan itu hanya diucapkan dengan lisan saja, berbeda dengan ajaran islam yang sebenarnya yang mengharuskan keimanan itu harus dibarengi dengan keyakinan / I’tikad dan perbuatan.













BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
Jadi aliran karamiyah ini merupakan aliran yang sangat menyimpang dari ajaran islam yang sebenarnya.
B.Saran – Saran
Saran dari kelompok kami ialah, bahwasanya kita harus berpandai – pandai dalam mengenal suatu ajaran agar kita tidak terjerumus ke dalam ajaran yang salah.












DAFTAR PUSTAKA

http://www.referensimakalah.com/2012/01/ilmu-kalam-sebagai-disiplin-ilmu_9874.html
http://books.google.co.id/books?id=oARQJYyU6-sC&pg=PA11&lpg=PA11&dq=aliran+karamiyah&source=bl&ots=hT05eBpmRG&sig=tmn7VHGEsQcwjdF0ncvYaVqTc80&hl=id&sa=X&ei=rRpeUND3MozIrQeIo4HYAg&sqi=2&ved=0CD0Q6AEwBw#v=onepage&q=aliran%20karamiyah&f=false
http://myquran.org/forum/index.php?topic=71867.0
http://www.pmarrisalah.com/orientalis-diabolisme-pemikiran.html
http://asno-dharmasraya.blogspot.com/2011/11/aliran-aliran-dalam-ilmu-kalam-ilmu.html
http://nahimunkar.com/16050/agama-islam-dan-syirah-setiap-umat1/
http://fajarsodiq6.blogspot.com/2011_04_01_archive.html
http://ml.scribd.com/doc/87560499/makalah-ilmu-kalam
http://santri.web.id/index.php/categoryblog/580-induk-aliran-sesat
















Share this article :

Similiar Templates

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hzmyzie-Cre@tions - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger